Berita

APA SAJA PERBEDAAN FITUR DAN SPESIFIKASI PADA TIAP VARIAN MITSUBISHI NEW PAJERO SPORT
16 Agustus, 2021

Mitsubishi New Pajero Sport belum lama meluncur di pasar Indonesia, tepatnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkannya pada Februari 2021 yang lalu. New Pajero Sport terbaru ini hadir dalam beberapa varian yang berbeda dengan klasifikasi penggerak dua roda dan empat roda.

Tipe paling tinggi adalah Dakar Ultimate 4×4 AT, kemudian untuk penggerak dua roda ada tipe Dakar Ultimate 4×2 AT. Lalu ada Dakar 4×2 AT, Exceed 4×2 AT, Exceed 4×2 MT, dan GLX 4×4 MT. Setiap varian pastinya terdapat perbedaan spesifikasi dari masing-masing model. Agar lebih memahami perbedaan masing-masing, berikut ini beberapa perbedaan mulai dari eksterior, interior, fitur, dan juga mesin.

Tampilan dan Fitur Eksterior

Dari sisi tampilan luar atau eksterior, terdapat perbedaan antara masing-masing varian New Pajero Sport ini. Pertama di sektor penerangan, pada tipe GLX 4×4 MT, Exceed 4×2 MT, dan Exceed 4×2 AT masih dibekali dengan lampu jenis halogen, baik untuk lampu utama hingga lampu kabut.

Sementara pada tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT sudah menggunakan lampu LED, baik untuk lampu utama, sein, lampu kabut dan juga ada lampu LED Active Cornering Lamp yang berfungsi untuk menerangi jalan secara otomatis saat melewati jalur menikung atau berliku saat malam hari. Ketiga varian Pajero Sport ini juga sudah dilengkapi dengan headlamp washer, untuk membilas lampu utama jika ada kotoran sehingga tetap memberikan pencahayaan terbaik.

Berikutnya dari sisi desain velg, untuk tipe GLX 4×4 MT masih menggunakan ukuran velg 16 inci. Sementara tipe lain seperti Exceed 4×2 MT, Exceed 4×2 AT, Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT sudah menggunakan velg 18 inci.

Hanya saja untuk Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT sudah menggunakan desain two tone sehingga tampilannya lebih modern dan tangguh. Sementara varian lainnya masih dibekali desain single tone.

Untuk varian tertingginya, Dakar Ultimate baik 4×2 maupun 4×4 sudah tersedia fitur Power Back Door dengan kick sensor. Jadi, untuk membuka bagasi belakang, hanya dengan menggerakan kaki di bawah bumper dan pintu akan otomatis terbuka. Yang terbaru juga adalah Mitsubishi Remote Control pada dua tipe New Pajero Sport Dakar Ultimate ini. Fitur ini memudahkan penggunanya dengan aplikasi ponsel untuk mengoperasikan berbagai fungsi, termasuk membuka-tutup pintu bagasi.

Khusus di tipe Dakar Ultimate 4×4 ini juga sudah terpasang sunroof, sehingga memberikan kesan mewah, karena mampu memandang indahnya atap langit dari dalam mobil. Sementara untuk varian di bawahnya tidak tersedia, beda dengan generasi sebelumnya di mana sunroof tersedia di tipe 4×2.

Perbedaan Interior 

Masuk ke bagian interior, di tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT, pada bagian setir, tuas transmisi dan jok sudah berlapis kulit. Di mana untuk tipe Dakar Ultimate 4×4 warna interiornya dominan hitam, sementara untuk tipe Dakar 4×2 dan Dakar Ultimate 4×2 diberikan warna baru yaitu beige. Lapisan soft touch juga sekarang tersedia di beberapa sudut di dalam kabin. Bukan hanya itu, tiga varian teratas ini juga sudah dibenamkan fitur Electronic Parking Brake with Auto Hold.

Dari sisi pengemudi yang berbeda adalah layar display meter berukuran 8 inci dengan teknologi terkini yang tersedia untuk tipe Dakar 4×2, Dakar Ultimate 4×2 dan Dakar Ultimate 4×4 saja. Tampilan panel LCD ini bisa diatur sesuai dengan preferensi dan informasi yang dibutuhkan. Panel display meter ini jadi teknologi tercanggih di segmennya. Sementara tiga tipe di bawahnya masih menggunakan panel meter yang lama.

Sementara di sistem audionya, tipe GLX 4×4 MT masih menggunakan audio 2DIN, sedangkan Exceed 4×2 MT dan Exceed 4×2 AT sudah dibekali layar sentuh berukuran 7 inch. Khusus tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT sudah menggunakan layar sentuh 8 inci.

Pada tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT sudah dilengkapi dengan kamera mundur, dan tipe Dakar Ultimate 4×4 AT dibenamkan Multi Around View Monitor yang lebih canggih. Serta juga tipe Dakar Ultimate 4×2 dilengkapi roof monitor 9 inci di baris kedua sebagai pengganti hilangnya sunroof di tipe ini.

Selain itu untuk tipe Dakar 4×2, Dakar Ultimate 4×2 dan Dakar Ultimate 4×4 sudah tersedia Power Outlet dengan tegangan besar 150 Watt/220 Volt. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan kebutuhan daya listrik besar untuk menunjang aktivitas pekerjaan, tidak hanya sekedar bisa mengisi baterai smartphone.

Fitur Keselamatan

New Pajero Sport ini hadir dengan banyak fitur unggulan, terutama untuk fitur-fitur keselamatannya. Seperti untuk semua tipe sudah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD), ISOFIX Child Seat, serta immobilizer.

Untuk kantung udara, ada perbedaan pada tipe GLX 4×4 MT, Exceed 4×2 MT dan Exceed 4×2 AT hanya dua airbag. Sementara pada tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT sudah dibekali dengan 7 buah airbag.

Pada tipe Dakar 4×2 AT, Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT sudah dilengkapi dengan fitur Brake Assist, Active Stability & Traction Control, Hill Start Assist (HSA), Trailer Stability Assist (TSA), dan Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS).

Sementara fitur-fitur canggih juga tersedia di varian Dakar Ultimate 4×2 AT, dan Dakar Ultimate 4×4 AT dengan adanya fitur Adaptive Cruise Control, Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Mesin dan Transmisi

Perbedaan berikutnya ada di sektor mesin, untuk varian GLX 4×4 dan Exceed 4×2 masih dibekali dengan mesin empat silinder 2,5 liter commonrail turbo berkode 4D56. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hanya 136 PS di 4.000 rpm dan diawali torsi puncak 324 Nm di 2.000 rpm. Pilihan transmisi tersedia opsi manual 5-percepatan atau otomatis lima percepatan.

Sedangkan untuk tiga varian di atasnya, yaitu Dakar dan Dakar Ultimate sudah menggunakan mesin diesel dengan kode 4N15 berkapasitas lebih kecil yaitu 2,4 liter VGT-Intercooler yang menghasilkan tenaga maksimal 181 PS di 3.500 rpm dan torsi 430 Nm dicapai di 2.500 rpm. Untuk transmisi pun hanya tersedia otomatis 8-percepatan terbaru.

Untuk varian Dakar Ultimate 4×4 juga sudah dilengkapi sistem penggerak 4WD Super Select-II yang menggunakan tombol dial untuk memudahkan pergantian dari 2WD ke 4WD. Sementara sebagai pendukungnya sudah tersedia mode off road yaitu Gravel, Mud/Snow, Sand, dan Rock.