Berita

Cara Kerja Blind Spot Warning yang Lebih Memudahkan Pengemudi
15 Maret, 2021

Fitur yang disematkan oleh pabrikan di mobil yang dijual cukup membantu pemilik dalam urusan berkendara, sampai keamanan dan keselamatan. Salah satunya, yaitu Blind Spot Warning (BSW) atau di mobil Mitsubishi disebutnya Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA).

Model Mitsubishi yang sudah mengadopsi teknologi itu, yaitu Outlander PHEV, Mitsubishi Eclipse Cross, New Triton dan juga New Pajero Sport. Fitur ini sangat berguna untuk memudahkan pengemudi ketika di jalan raya.

Pada New Pajero Sport terbaru, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tak hanya dari sisi tampilan saja yang berubah menjadi lebih tangguh dan mewah,  tapi sebagai sebuah simbol kesuksesan New Pajero Sport juga hadir dengan beragam pengembangan dan penyempurnaan, menjadi sebuah SUV yang dilengkapi dengan fitur dan teknologi mutakhir,

Pajero Sport terbaru ini memiliki segudang keunggulan terutama dari segi fitur banyak yang baru dan mampu menjadi raja SUV bermesin diesel di Indonesia. Salah satunya adalah fitur Blind Spot Warning – Lane Change Assist ini. Bagaimana memang cara kerja fitur BSW-LCA ini sehingga dapat membantu pengemudi lebih aman ketika berkendara?

Fitur BSW-LCA ini memang pas untuk mobil-mobil yang memiliki dimensi cukup besar seperti New Pajero Sport. Mengingat dengan dimensi bodi yang besar akan membuat pengemudi lebih sulit melihat area di sekeliling mobil, terutama ketika ingin berpindah lajur di jalan tol.

Seperti Namanya, cara kerjanya fitur Blind Spot Warning – Lane Change Assist ini akan memberikan membantu pengemudi dalam melihat titik buta atau Blind Spot yang tidak terlihat pada kaca spion mobil. Kemudian fitur ini memberikan peringatan kepada pengendara bahwa ada objek yang tidak terlihat di kaca spion. Hal ini akan memudahkan pengemudi untuk mengetahui apakah ada kendaraan lain di samping belakang sehingga akan membantu saat harus pindah lajur atau menyalip kendaraan di depan.

Objek ini terdeteksi sensor yang berada di bagian belakang mobil dan memberikan sinyal berupa kedipan lampu di kaca spion. Selanjutnya, apabila objek yang tidak terlihat atau Blind Spot bagian kanan maka logo khusus di kaca spion berwarna kuning akan menyala, begitu juga sebaliknya pada bagian kiri.

Fitur ini biasanya akan aktif selama mobil dinyalakan, jadi baik Anda melaju di jalan tol atau jalan biasa akan tetap aman berkat adanya peringatan sebelum akan berpindah lajur. Jika Anda menyalakan lampu sein, dan tanda peringatan BSW-LCA ini menyala maka akan ada tambahan bunyi peringatan di mobil agar pengemudi tidak memaksa untuk berpindah lajur.

Tentunya fitur ini sangat berguna bagi pengemudi, karena tidak semuanya tahu ada objek yang tidak terlihat di sekeliling mobil. Biasanya juga kejadian seperti ini bisa membahayakan bagi keselamatan pengemudi dan penumpang.